Gagal Membawa Berkah

By jamilazzaini

Banyak orang menganggap bahwa kegagalan adalah musibah yang harus disesali. Kegagalan kadang membuat perjalanan hidup seseorang seolah berhenti, kepercayaan dirinya berkurang saat berjumpa dengan orang lain. Bahkan ada yang merasa menjadi manusia gagal akhirnya bunuh diri. Padahal, banyak orang yang berhasil menjalani hidupnya justru karena ia gagal. Kisah berikut bisa menjadi pelajaran.
Salah satu cara menghasilkan uang banyak di Amerika Serikat adalah dengan menjadi seorang artis penyanyi. Tidak mengherankan bila banyak orang tua yang ingin anaknya menjadi penyanyi hebat. Tersebutlah seorang anak lelaki yang bercita-cita menjadi penyanyi. Orang tuanyapun sangat mendukung karena memang anaknya memiliki suara yang bagus. Anak lelaki ini berlatih secara tekun. Ia juga menampilkan kebolehannya menyanyi setiap ada kesempatan.
Suatu ketika, datanglah kesempatan berharga untuk tampil di atas pentas. Anak lelaki ini berlatih dengan tekun dan keras agar bisa tampil prima. Saat waktunya tiba, ternyata anak lelaki ini demam panggung. Suaranya sumbang, ia menjadi serba salah. Tapi dengan sekuat tenaga ia tetap berusaha mengendalikan dirinya. Penonton tertawa terbahak-bahak karena memang responnya yang lucu dan unik.
Anak lelaki ini telah gagal menyanyi. Tetapi semua penonton terhibur dan mendapat kejutan yang tidak mereka bayangkan. Para penonton mendapat tontonan yang segar, lucu, unik dan spontan sehingga mereka sangat puas dan bergembira. Sebaliknya anak lelaki itu merasa gagal dan menangis tiada henti.
Malam harinya, anak lelaki ini melakukan refleksi. Di dalam hati ia berkata, “Pasti ada hikmah dari kejadian ini, rasanya inilah bisikan Tuhan yang diberikan kepada saya.” Akhirnya ia banting setir, keinginannya menjadi penyanyi ia ganti menjadi komedian. Terbukti ia tidak salah, lelaki yang bernama Bob Hope itu sampai hari ini dikenang sebagai komedian legendaris Amerika yang menyajikan hiburan dengan cara yang berbeda.
Saya yakin banyak kegagalan yang pernah kita alami justru menjadi awal dari keberhasilan kita. Ditolak perempuan yang Anda taksir mungkin itu yang menyelamatkan Anda untuk tidak terjerumus pada pergaulan bebas. Melamar kerja ke banyak perusahaan tetapi tidak pernah lulus seleksi mungkin itu awal dari perjalanan hidup Anda untuk menjadi pengusaha hebat. Gagal bermitra bisnis dengan orang ternama mungkin itu yang menyelamatkan Anda agar tidak terkena jeratan masalah hukum dan pidana.
Jadi, nikmati kegagalan. Pasti ada hikmah terkandung di dalamnya. Guru kehidupan saya pernah berkata, “Setiap kita punya jatah kegagalan, habiskanlah selagi kita masih muda dan bertenaga. Boleh jadi kegagalan yang kita takutkan itu merupakan kunci menuju keberhasilan kita.”

Salam Sukses Mulia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: