Pahami dan mulai Menulis…

Terlihat mudah memang kalo membaca sebuah artikel terutama berisi tentang sesuatu yang ingin kita pelajari atau ketahui. Tetapi sebenarnya gimana sih yang harus kita lakukan agar kita dapat menyampaikan pesan sebuah tulisan secara utuh..
Banyak artikel di dunia maya yang mempunyai isi cerita atau berita bervariasi dan sangat menarik..

katanya dalam menulis ada beberapa hal yang perlu diketahui.

1. Pahami permasalahan yang akan ditulis.

Ini bagian tersulit soalnya terlalu banyak hal-hal yang dapat kita tuangkan kedalam sebuah tulisan. Dan semuanya berada di atas permukaan dan untuk menyelam kedalamnya di butuh pemahaman yang sangat  tepat. kalo boleh memberi saran cari permaslahan yang merupakan hobi kita, kalo kita menyenangi sesuatu seperti hobi misalanya kita akan lebih mudah untuk menguraikannya.

2. Tulis Tema yang akan di kembangkan.

Ibarat sebuah cerita pasti ada bagian-bagian tertentu yang menjadi sumber berita yang akan kita coba angkat kedalam sebuah tulisan. Seandainya kita tidak menulis tema terlebih dahulu, penyampaian tulisan akan selalu mengembang dan tidak fokus. Tema juga merupakan alat bantu dan juga pedoman di dalam penulisan.

3. Cari sumber berita yang dapat memperjelas penyampaian tulisan.

Kalau makan agar menambah kesan manis kita harus menambahkan gula kedalamnya, tentu seberapa besar kadar gula yang akan kita tambahkan (setengan sendok, satu sendok atau seterusnya) memerlukan pengetahuan yang tepat agar makanan yang kita hasilkan sesuai dengan yang kita inginkan. Begitu pula dengan tulisan kita membutuhkan data-data pelengkap untuk  memperkuat dasar tulisan kita.

4. Gunakan kata-kata yang simple.

Untuk yang satu ini sebenarnya selera kita dalam menulis, kalo saya lebih memilih kalimat yang simpel dan tidak ngejlimet dimaksudkan agar apa yang akan kita sampaikan legih mudah dipahami. Dan yang paling penting adalah “be your self”. Kalo menulis sesuatu dan anda memahaminya tentu orang lain juga.

5. Akhiri sebuah tulisan dengan kesimpulan.

Akhir dari semuanya pembaca akan memahami apa yang akan kita sampaikan dan apa akhir dari semua ini. Dengan memberikan sebuah kesimpulan kita akan mencoba menyampaikan pesan kita.

semoga bermanfaat🙂

2 responses to this post.

  1. dahsyattt om🙂

    Balas

  2. Posted by Indra Firmansyah on 10 Mei 2012 at 15:17

    Terima kasih masukannya..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: