Change Your FOCUS

Oleh : Pestaria Happy

Tidak dapat dipungkiri, ketika menghadapi masalah focus kita terpusat pada masalah tersebut. Akibatnya, kita tidak dapat berkonsetrasi, sakit dan segala aktivitas kita terganggu. Disinilah, dibutuhkan suatu kedewasaan. Kedewasaan seseorang dapat dilihat ketika ia menghadapi krisis. Dimanakah focus kita saat krisis itu datang?
Ada dua tipe orang yang dapat kita lihat dalam menghadapi krisis yaitu : pertama, orang yang berfokus pada persoalan. Persoalan menjadi focus utama dan berusaha untuk menyelesaikan secepat mungkin. Jika hal itu bisa dilakukan, saya rasa itu satu kemenangan yang luar biasa.Persoalannya, tidak semua masalah itu dapat terselesaikan dengan segera. Di samping lain, pekerjaan dan aktivitas kita harus terus berjalan. Kedua, orang yang mengalihkan fokusnya pada orang lain. Saya rasa ini satu peluang untuk kita tidak hanya mengasihani diri sendiri.
Ciri-ciri orang yang terfokus pada masalahnya adalah “Mengasihani Diri Sendiri”. Dia merasa hanya dirinya sendiri yang punya masalah. Merasa tidak ada orang yang memperhatikan. Merasa semua orang memandang dirinya dengan sebelah mata. Kehilangan pengharapan, seolah-olah semuanya telah hilang lenyap. Mengkuatirkan apa kata orang tentang dirinya, bahkan berusaha untuk menutupi segala yang dialaminya. Tidak heran jika ada seorang ibu yang memutuskan untuk bunuh diri bersama keempat anaknya.
Agar tidak terjebak dengan penyakit “Mengasihani Diri Sendiri” , cobalah untuk mengalihkan focus dari masalah kepada orang lain. Maksudnya memberikan hidup atau karya bagi orang lain, ketimbang hanya meratapi diri. John Maxwel memberikan ide yang menarik yaitu kunjungilah orang yang sedang memiliki masalah ketika anda sedang menghadapi masalah. Kunjungan itu membuat diri kita tidak terfokus pada masalah kita dan mampu berbuat sesuatu bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: