Jurang Integritas

Oleh : Jamil Azzaini

Puluhan dari ratusan orang yang telah membuat proposal hidup dan dikirimkan ke saya mengeluh “Pak, saya sudah membuat proposal hidup seperti urutan dalam buku Bapak. Inilah Proposal Hidupku. Koq saya hanya bisa membuat tapi malas melaksanakan ya Pak?”.
Yakinlah kepada saya, bahwa kebahagiaan sejati tidak akan hadir dalam hidup apabila kegiatan sehari-hari berbeda dengan nilai-nilai terdalam yang ada di dalam diri Anda.
Anda bisa saja mengaku bahwa telah membuat proposal hidup akan tetapi jika waktu untuk mewujudkannya tidak ada dalam jadwal Anda, ini berarti sebenarnya apa yang Anda tulis dalam proposal itu bukanlah prioritas Anda. Begitu pula Anda bisa mengaku bahwa keluarga Anda adalah prioritas, namun bila dalam jadwal kehidupan Anda tidak ada waktu bersama mereka, ini berarti sebenarnya kehidupan keluarga bukanlah prioritas.
Ada juga yang mengatakan hidup adalah belajar, hidup adalah prestasi, hidup adalah ibadah. Sekarang tunjukkan jadwal sehari-hari Anda kepada saya, dan saya akan mengetahui kebenaran perkataan Anda.
Ingatlah pepatah lama yang mengatakan : “Tindakanmu berteriak keras sekali, sehingga saya tidak bisa mendengar kata-katamu”.
Maknanya, tindakan Anda sehari-hari itulah cerminan diri Anda. Kata-katamu yang manis dalam proposal hidup atau rencana kegiatan harian tidak ada artinya sama sekali karena diri Anda yang sesungguhnya adalah tindakan Anda, bukan kata-kata Anda.
Apabila Anda telah membuat proposal hidup dan juga jadwal kegiatan dengan sungguh-sungguh Anda telah membuat proposal hidup dan juga jadwal kegiatan dengan sungguh-sunggu tetapi Anda tidak konsisten melaksanakannya, menurut saya Anda tidak punya integritas. Saya menyebutnya Jurang Integritas. Semakin besar perbedaan antara komitmen yang telah Anda buat baik melalui proposal hidup atau jadwal sehari-hari dan nilai-nilai terdalam yang ada di dalam diri Anda, saya yakin hidup Anda tidak bahagia. Mengapa? Karena Anda telah mengkhianati diri Anda sendiri. Anda tidak menjalankan apa yang Anda katakana.
Kegiatan Anda sehari-hari adalah indikator terbaik atas apa yang benar-benar Anda hargai dan percayai sebagai sesuatu yang penting. Terlalu banyak orang yang mengatakan hal-hal yang manis namun dia malas melakukannya. Ingatlah, dalam jangka panjang orang akan melihat apa yang Anda kerjakan, bukan apa yang Anda katakan.
Jurang integritas yang semakin lebar menjadikan Anda tidak bahagia dan orang-orang di sekitar Anda tidak percaya dengan ucapan Anda. Sungguh, Sang Pencipta benci kepada orang yang pandai berkata namun tidak melakukannya. Kerjakanlah apa yang Anda katakan bila Anda memang punya INTEGRITAS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: